Jumat, 12 Juni 2015

KESEHATAN | Dampak Negative Bahan Kimia Bagi Kesehatan

HATI-HATI DENGAN BAHAN KIMIA DISEKITAR ANDA
Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari nahan kimiabuatan yang sangat berbahaya. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) ada 100.000 jenis bahan kimia yang beredar didunia. Setiap tahunnya bertambah 2000 jenis. Bahan Kimia tersebut antara lain: pembersih lantai, cat, kosmetik, pewarna, pestisida, obat, plastik,pengharum buatan, obat nyamuk, bahan pengawet, dll.
Dampak negative bahan kimia bagi kesehatan:
1.      Menurut penelitian, bahan kimia PCB ( bahan dasar untuk pencuci piring ) dalam tubuh dapat meniru hormone esterogen pada wanita dn menyebabkan pubertas dini. Dalam penelitian bahan kimia tersebut diberikan pada kura-kura jantan yang masih dalam masa pertumbuhan. Kura-kura tersebut berubah menjadi intersex ( berkelamin antara jantan dan betina ).
2.      Racun kimia dapat menyebabkan system kekebalan menurun,sehingga penderita rentan terhadap infeksi virus.
3.      Anak-anak yang terlahir dari wanita yang mengkonsumsi minyak yang tercemar PCB, akan mengalami gangguan perkembangan fisik dan mental, hipoaktif, hiperaktif, penis kecil, IQ dibawah rata-rata, dan cacat lahir.
4.      Racun kimia juga dapat mengakibatkan kanker payudara, kanker buh pelir, dan prostate. Selain iti juga dapat menyebabkan mutu dan jumlah sperma berkurang.
5.      Flu antariksa yang dulu hanya diderita oleh astronot disebabkan oleh uap / gas lepasan dari bahan kimia, sekarang mungkin juga diidap oleh anggota keluarga kita, karena banyak bahan kimia disekitar kita.
6.      Penyakit MCS ( Multiple Chemical Sensitif ) sering juga disebut sensitive terhadap bahan kimia. Penyakit ini ditimbulkan karena kontak langsung dengan bahan kimia. Penyakit ini dapat berupa: panic, terengah-engah, berdebar-debar, sesak napas, asma, pusing, cairan memenuhi paru-paru, nyeri otot, kegelisahan, depresi, sukar konsentrasi, insomnia, bengkak, mual, muntah , problem usus, lecet, gatal-gatal, dll.
Usaha untuk mengurangi dampakn negative tersebut:
1.      Menyimpan bahan kimia yang mengeluarkan uap ditempat yang aman.
2.      Pasanglah ventilasi disemua ruangan.
3.      Menyeka kaki (kesed) sebelum memasuki nrumah untuk mengurangi timah hitam kedalam rumah.
4.      Sebelum menyemprot ruangan dengan pestisida, simpan dulu mainan anak-anak dan barang-barang lain yang mengandung spons. Sebab barang-barang tersebut akan menyerap pestisida. Dan anak-anak menyerap dengan melalui mulut, pernafasan, dan kulit.
5.      Kurangi penggunaan pestisida dan produk-produk yang mengandung bahan kimia.
6.      Menyingkirkan barang-barang yang mengandung timah hitam. Kran airdibiarkan mengucur sebentar sebelum digunakan.



MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA MENGOBATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar